0
Mengenal Jenis Lantai Kayu Parketby Ririn Trisianawation.Mengenal Jenis Lantai Kayu Parket  Jenis Lantai Kayu Salah satu bagian penting dari sebuah rumah adalah lantai. Untuk menunjang rumah yang nyaman maka alternatif  perlu didukung dengan lantai yang sesuai pula. Anda harus tahu jenis lantai kayu sebelum anda menggunakan untuk lantai rumah anda. Lantai parket saat ini menjadi pilihan alternatif untuk jenis lantai. parket adalah lantai kayu sebagai […]

kayu-parket
 

Jenis Lantai Kayu

Salah satu bagian penting dari sebuah rumah adalah lantai. Untuk menunjang rumah yang nyaman maka alternatif  perlu didukung dengan lantai yang sesuai pula. Anda harus tahu jenis lantai kayu sebelum anda menggunakan untuk lantai rumah anda. Lantai parket saat ini menjadi pilihan alternatif untuk jenis lantai. parket adalah lantai kayu sebagai ganti dari lantai keramik ,lantai ubin dan sejenisnya. Ada beberapa jenis lantai kayu yang harus anda ketahui yaitu sebagai berikut :

1. Lantai Kayu Solid

Terbuat dari kayu asli. Dulu orang mengenal bentuk lantai kayu solid berupa potongan kayu utuh yang dipasang untuk menutup permukaan lantai. Sekarang, lantai kayu solid sudah dibentuk menyerupai lantai kayu yang berbentuk lembaran panel-panel dan memiliki celah yang memudahkan pemasangannya. Sehingga Anda sendiri bisa langsung memasangnya tanpa harus meminta tolong tenaga tukang.
Ukuran lantai kayu solid beragam. Kelebihan dari lantai kayu solid ada di sini, yaitu setiap lembarnya bisa lebar, bisa mencapai sekitar 1,8 m sehingga cocok untuk bentangan ruang yang lebar. Selain itu, ketebalannya lebih besar dibanding dengan jenis lantai kayu yang lain. Rata-rata ketebalan kayu solid antara 1,5 cm sampai 2,2 cm. Selain faktor ketebalan, kelebihan lain dari lantai kayu solid adalah serat kayunya yang tampak. Tetapi ada kekurangan dari lantai kayu solid ini yaitu kayu tidak tahan terhadap perubahan cuaca, sehingga akan mengalami muai susut jika tidak dirawat dengan tepat sebelum dilakukan pemasangan. Karena itu perlakuan khusus terhadap kayu harus dilakukan seperti kayu harus dioven terlebih dahulu untuk mengurangi kadar kelembaban kayu.

 

2. Lantai Kayu Engineered ( Lantai Kayu Multileyer )

Jenis ini hampir mirip dengan kayu solid. Hanya saja proses pembuatannya berbeda. Kayu solid sebagai bahan baku dipotong dengan ketebalan tertentu dan ditumpuk secara bersilangan (horizontal dan vertikal). Setelah itu tumpukan tersebut ditekan supaya padat. Dibagian permukaan diberi lapisan pelindung sehingga tampilannya halus dan kotoran atau debu tidak mudah masuk kedalam pori kayu.

3. Lantai Kayu Laminated ( Lantai Kayu Laminasi / HDF )

Bahan dasar utama jenis lantai kayu ini dibuat dari serbuk kayu yang dipadatkan dengan suhu tinggi. Serbuk kayu yang dipadatkan inilah yang disebut HDF (high density fiber). Seperti halnya lantai kayu engineered, diatas permukaan HDF juga diberi lapisan pelindung yang fungsinya untuk mencegah goresan.

Lapisan pelindung sendiri sebenarnya ada tingkatannya tergantung dari ketebalan/kekerasan lapisan pelindung. Semakin tinggi tingkatannya maka semakin tinggi lantai kayu bisa menahan goresan. Lantai kayu HDF dengan ketebalan lapisan pelindung yang tinggi cocok digunakan untuk ruangan yang banyak digunakan orang berjalan. Bila dilihat dari segi harga, kayu solid lebih mahal dibading 2 jenis kayu lainnya. Sedangkan kayu engineered harganya hampir sama dengan kayu HDF.

Lantai parket saat ini banyak digemari banyak orang karena berbagai alasan. Diantaranya yaitu karena alasan lebih nyaman,hangat dan desain yang beragam. Lantai yang terbaut dari kayu sampai sekarang masih populer untuk digunakan pada rumah tinggal,karena penampilan yang alami dan mampu memberikan kesejukan pada sebuah ruang. Sifatnya yang fleksibel mampu memberikan suasana klasik dan elegan ,komtemporer maupun modern. Lantai ini sangat cocok untuk rumah berdesain natural,alami,traditional ataupun desain lantai bernuansa etnik seperti rumah panggung.

Lantai parket banyak dipilih sebagai pilihan lantai di banyak rumah karena lantai jenis ini dirasa lebih aman. Lantai ini tidak licin seperti lantai keramik sehingga tidak akan membuat orang mudah tergelincir terlebih saat kondisi lantai sedang basah dengan air. Sifat material dari parket sendiri juga lebih empuk sehingga akan mengurangi cidera bagi orang yang terjatuh di atas lantai ini. Lantai jenis ini sangat cocok untuk rumah yang berada di daerah tropis.

Dengan menggunakan lantai ini rumah akan terasa lebih hangat dan tentunya akan lebih nyaman. Lantai ini juga sangat mudah dipasang. Selain banyak kelebihan yang bisa didapatkan dari lantai jenis ini, ternyata banyak juga kelemahan yang bisa didapatkan dari lantai ini. Anda juga bisa mengubah posisi lantai ini dengan sangat mudah. Anda bisa mempertimbangkan beberapa kelemahan sebelum anda memilih lantai jenis parket ini.

 

Author: 

Kami supplier lantai kayu di Bali siap menerima pesanan lantai parket ,decking, dengan kayu berkualitas dan harga pas! silahkan hubungi kami.

Related Posts

Leave a Reply